Definisi Bahasa

Sabtu, 04 Februari 2012

Definisi Bahasa



Apa yang muncul di pikiran anda ketika ditanya apa itu bahasa? Biasanya yang terbayangkan adalah tulisan, kamus, atau karya sastra. Mari kita hapus dulu gambaran kita tentang bahasa yang seperti itu sebelum memasuki bidang linguistik.
Menurut Harimurti Kridalaksana, bahasa bagi linguistik adalah sistem tanda bunyi yang disepakati untuk dipergunakan oleh para anggota kelompok masyarakat tertentu dalam bekerja sama, berkomunikasi, dan mengidentifikasi diri. Definisi tersebut membutuhkan penjelasan lebih lanjut. Mari kita bahas.
Bahasa adalah sebuah sistem. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia definisi sistem adalah perangkat unsur yg secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas. Ya, bahasa adalah sesuatu yang teratur dan saling berkaitan. Kita tidak akan menyadari itu sebelum mempelajari Linguistik.
Bahasa disebut tanda bunyi karena dasar dari bahasa adalah bunyi. Bunyi tersebut menandai atau memberi nama suatu hal. Misalnya kata “mengantuk” digunakan untuk menandai “sebuah keadaan saat kita merasa ingin tidur”.
Bahasa adalah hasil kesepakatan sebuah kelompok masyarakat. Kesepakatan tidak selalu berarti hasil sebuah pertemuan sebuah kelompok dalam satu ruangan. Sepakat dapat berarti menerima atau setuju. Misalnya seseorang warga negara Indonesia dalam kesehariannya mau menggunakan kata “mengantuk untuk menandai  “sebuah keadaan saat kita merasa ingin tidur”.
Bahasa digunakan untuk bekerja sama, berkomunikasi, dan mengidentifikasi diri. Dalam kehidupan sehari-hari bahasa –yang berupa suara- digunakan untuk berkomunikasi. Dengan berkomunikasi kita dapat bekerja sama. Di samping itu bahasa digunakan untuk mengidentifikasi diri. Contohnya orang yang berbahasa Jawa hampir dapat dipastikan adalah orang Jawa.

0 komentar :

Posting Komentar